Daftar Tempat Oleh-Oleh di Jogja yang Unik dan Khas

Tempat Oleh-oleh di Jogja – Ketika kita pulang dari liburan, tak lengkap rasanya jika kita tidak membawa oleh-oleh. Namun terkadang ada beberapa oleh-oleh yang tidak cukup kuat dan tahan lama jika dibawa pulang contohnya makanan yang sehari basi. Oleh karena itu anda harus memutar otak untuk mencari oleh-oleh yang awet dan tidak cepat basi agar bisa di bawa pulang.

Di Jogja banyak jenis oleh-oleh yang dapat anda cari di beberapa pusat oleh-oleh, Untuk lebih jelasnya berikut daftar tempat oleh-oleh di Jogja yang unik dan khas yang perlu anda datangi ketika anda sedang di jogja.

Rekomendasi Tempat Oleh-Oleh di Jogja yang Populer

Kerajinan Perak Jogja

Oleh-oleh itu tidak hanya berupa makanan, barang kerajinan pun bisa di jadikan oleh-oleh contohya seperti kerajinan perak yang berada di kota jogja ini. Lokasi pusat oleh-oleh kerajaan perak tepatnya berada di Kotagede yaitu jaraknya sekitar 5 KM dari pusat kota jogja.

Di kotagede ini merupakan sentra tempat pembuatan kerajinan menggunakan perak, banyak pengrajin yang menjual hasil kerajinan peraknya disini baik yang di jual di showroom maupun yang di jual di rumah-rumah pengrajin sendiri.

Bentuknya sendiri sangat beragam mulai dari perhiasan hingga pajangan untuk di meja atau dinding. Untuk kualitas dan mutu produk tempat oleh-oleh di Jogja sudah terjamin karena bahkan kerajinan perak ini sudah terkenal hingga mancanegara dan di ekspor ke berbagai Negara.

Baca juga: Daftar Wisata Kuliner Terenak dan Terpopuler di Jogja

Harga yang di patok pun tidak terlalu mahal karena anda bisa nego langsung dengan pengrajinnya di tempat sehingga harganya jauh lebih murah jika di bandingkan dengan kerajinan perak yang sudah masuk ke toko, pusat oleh-oleh maupun ke mall.

Maka dari itu kerajinan perak merupakan salah satu oleh-oleh yang layak anda beli. Sudah pasti tahan lama bahkan hingga bertahun-tahun, tidak seperti oleh-oleh makanan yang di makan langsung habis tapi oleh-oleh kerjinan perak ini juga bisa di jadikan pajangan.

Gerabah Kasongan Jogja

Jika di kotagede banyak pengrajin perak, maka berbeda dengan di kasongan. Karena di kasongan merupakan sentra pembuatan gerabah tradisioanal yang menggunakan tanah liat yang dibuat menjadi berbagai macam gerabah.

Lokasi sentra pembuat Gerabah kasongan berada di pedukuhan kajen, bangun jiwo, kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

tempat oleh-oleh di jogja

Gerabah yang di buat disini beraneka ragam mulai dari vas bunga, guci, asbak hingga lampu hias. Selain membeli langsung kepada pengrajin, disini anda juga bisa melihat langsung pembuatan gerabah di tempat oleh-oleh di Jogja ini. Mulai dari bentuk tanah liat hingga berbentuk menjadi gerabah. Gerabah dari desa kasongan sudah terbukti berkualitas tinggi.

Untuk harganya, gerabah kasongan juga tidak terlalu mahal karena anda membelinya langsung dari pengrajin di rumahnya dan bisa anda tawar. Namun sebisa mungkin jangan nawar ya, karena pengrajin sudah memberi harga pas yang bahkan harganya jauh lebih murah jika di bandingkan dengan yang ada di toko pusat oleh-oleh maupun di mall.

Jika anda berniat membeli gerabah kasongan untuk di jadikan oleh-oleh maka harus berhati-hati ya saat membawanya pulang karena gerabah mudah rusak dan pecah jika terkena benturan.

Blangkon dan Surjan Jogja

Selain kerajinan perak dan gerabah kasongan, ada satu lagioleh-oleh khas jogja yang menarik yang dapat anda berikan ke saudara, teman maupun keluarga anda yaitu blangkon dan surjan.

Blangkon dan surjan adalah pakaian tradisional masyarakat jogja yang umumnya di gunakan oleh laki-laki, blangkon di gunakan sebagai penutup kepala sedangkan surjan di gunakan sebagai pakaian yang mempunyai ciri khas gari-garis vertical berwarna hitam dan coklat.

tempat oleh-oleh di jogja

Oleh-oleh ini sangat cocok untuk anda yang ingin membawakan sesuatu yang berbeda untuk teman, saudara maupun ayah anda. Surjan dan blangkon ini dapat anda temukan di pasar beringharjo dan beberapa tempat oleh-oleh di Jogja lainnya atau di sepanjang pedagang kaki lima di jalan Malioboro.

Namun jika anda berniat akan membeli di sekitar jalan malioboro pastikan anda pintar menawar dan jangan sungkan-sungkan untuk menawar barang dagangan sampai mendapatkan barang dengan harga yang sewajarnya.

Karena blangkon dan surjan yang di jual di jalan malioboro cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan blangkon dan surjan yang di jual di pasar tradisional lainnya di jogja. Nanti bukannya anda menghemat uang untuk membeli oleh-oleh malah anda akan kehabisan uang karena tidak bisa menawar di malioboro, sangat di sayangkan bukan?

Lihat juga: Daftar Tempat Nongkrong Hits di Jogja yang Murah dan Nyaman

Itulah beberapa contoh oleh-oleh yang tahan lama dan tidak cepat basi bahkan masih bisa digunakan hingga bertahun-tahun lamanya. Oleh-oleh tersebut nantinya bisa di jadikan kenangan sekaligus pajangan di rumah. Ingat ya, oleh-oleh itu tidak harus berbentuk makanan sehingga ketika anda berlibur ke daerah mananpun terutama ke jogja maka cobalah untuk mencari oleh-oleh yang unik dan menarik selain makanan di tempat oleh-oleh di Jogja yang terpopuler.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *